Mengikuti Perkembangan Teknologi Android



Perkembangan Teknologi Android terlihat cukup pesat dari tahun ke tahun. Sistem operasi Android yang pertama kali dirilis ialah android Astro versi 1.0 pada tahun 2008. Android versi 1.0 disematkan pertama kali pada smartphone HTC Dream.


Sejarah kemunculan android

Sebelum membahas mengenai pesatnya perkembangan sistem operasi android saat ini, ada baiknya kita sedikit menilik sejarah kemunculan android.

Android merupakan sebuah sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk disematkan pada smartphone, tablet dan perangkat bergerak layar sentuh. 

Awalnya android dikembangkan sendiri oleh Android.Inc dengan menggunakan dukungan finansial dari google. Barulah pada tahun 2005 Google resmi membeli sistem operasi android dan kemudian resmi dirilis pada 2007.

Selain perangkat layar sentuh, Google mengembangkan sistem android untuk televisi berupa Android TV, Android Auto untuk mobil, dan juga android untuk jam tangan berupa Android Wear. 

Masing-masing sistem android tersebut memiliki antarmuka berbeda. Beberapa peralatan elektronik lainnya seperti laptop (komputer jinjing), kamera digital dan konsol permainan juga tidak ketinggalan menggunakan sistem operasi android.

Google mengembangkan sistem operasi Android secara terbuka di bawah lisensi Apache. Hal ini memungkinkan perangkat lunak dimodifikasi secara bebas dan distribusikan oleh pengembang aplikasi, pembuat perangkat maupun operator nirkabel. 

Android bahkan memiliki komunitas pengembang aplikasi dalam jumlah besar. Diperkirakan ada 1 juta lebih aplikasi tersedia untuk android di tahun 2013. 

Tentunya jumlah tersebut sudah bertambah seiring dengan bertambahnya waktu. Pada tahun yang sama Google melaporkan terdapat lebih dari 1 miliar pengguna aktif android, jumlah tersebut bertambah sebanyak 583 juta setelah 2 bulan laporan tersebut dirilis.

Hal inilah yang semakin memperkuat kepopuleran android di kalangan masyarakat dan mengalahkan sistem operasi symbian yang sudah lebih dahulu populer. 

Android juga menjadi pilihan paling efisien bagi perusahaan teknologi yang menginginkan sistem operasi biaya rendah, ringan dijalankan pada perangkat dan bisa dikustomisasi. Android menguasai segmen pasar telepon pintar di pertengahan tahun 2013. 

Dipimpin langsung oleh Samsung dengan presentase sebanyak 64%, Android memiliki 11.868 jenis perangkat yang menggunakan sistem operasinya.


Perkembangan sistem operasi android

Setelah sedikit menilik sejarah kemunculan android, kalian tentunya sudah memiliki sedikit gambaran seberapa pesatnya perkembangan sistem operasi Android hingga saat ini. 

Ibarat orang tua, Google sudah berhasil membesarkan Android menjadi anak yang berhasil dan sukes. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu patuh pada orang tua agar bisa sukses seperti Android.

Android Astro versi 1.0 dirilis pertama kali pada 23 september 2008 dan disematkan pada smartphone HTC Dream. 

Tidak lebih dari 6 bulan setelahnya yaitu pada 9 februari 2009, Android kembali merilis sistem operasi terbarunya yaitu Android Bender 1.1 dengan beberapa pembaharuan fungsi dan fitur. 

Masih di tahun yang sama, Android merilis Android Cupcake 1.5 yang memiliki pembaharuan fungsi dalam merekam, menonton dan mengunggah video ke jajaring sosial Youtube. 

Android versi ini juga didukung dengan animasi layar, Bluotooth A2DP dan keyboard yang dapat disesuaikan menggunakan sistem.

Masih di tahun yang sama juga, pada september 2009 Android merilis perbaikan dari sistem operasi sebelumnya dalam Android Versi 1.6 Donut. Sebulan setelahnya, pada oktober 2009 Android merilis sistem operasi yang mendukung penigkatan hardware dengan Android 2.0/2.1 Eclair.

Android memang tidak bosan untuk terus berinovasi. Tepat 6 bulan setelah sistem operasi terbarunya dirilis, Android merilis pembaharuan sistemnya kembali dengan Android versi 2.2 Froyo. 

Sistem operasi terbaru ini mendukung peningkatan kerja hingga dua kai lipat dari versi sebelumnya. Android versi 2.2 memiliki dukungan Adobe Flash 10.1, pemasangan aplikasi CD card, auto update aplikasi dan wifi hotspot portable.

Android terus melakukan perbaikan dengan mengembangkan sistem operasinya. Android versi 4.4 Kit Kat merupakan sistem operasi terbaru dan tercanggih yang dimiliki android. 

Android Kit Kat mendukung sistem navigasi transparan di bagian layar depan, peningkatan audio, sensor batching, aksesibilitas API dan masih banyak lagi. 

Ke depannya tidak menutup kemungkinan jika android akan kembali menorehkan sejarah baru dalam Perkembangan Teknologi Android.

Bagikan




Jangan lewatkan

Mengikuti Perkembangan Teknologi Android
4/ 5
Oleh